Pernah ga sih kalian merasa sakit
hati gara-gara diklaksonin orang dari belakang? Kalau aku sih pernah, sering
malah. Bagi kalian yang udah bisa dan boleh naik kendaraan bermotor, kira-kira
gimana sih perasaan kalian ketika ada orang lain yang klaksonin kita? Entah itu
truk, bus, mobil, bahkan motor. Entah aku yang orangnya terlalu baper atau
gimana, tapi aku selalu merasa tersinggung sama suara klakson itu.
Bagiku klakson itu perumpamaan
mulut si pengendara, jadi kelihatan gitu kalau orang itu kalem atau banyak
bacot (ups). Selama satu setengah tahun aku naik motor, mungkin bisa dihitung
berapa kali aku bunyiin klakson. Seingatku sih 7 kali, dan itu rata-rata buat
ngasih tahu pengendara yang tiba-tiba muncul di depan gang biar gak asal
nyelonong ke hadapanku.
Aku pernah hampir ditabrak
pengendara motor pe’a yang jelas-jelas ngelanggar jalur dan kecepatannya super,
sisi iblisku malah berharap dia jatuh setelah ngelewatin aku, tapi ternyata dia
ga jatuh :( (malah). Bikin emosi emang, tapi jempol kiriku benar-benar ga
di-setting buat ngebunyiin klakson selama mungkin sampai dia hilang dari
pandangan. Ada lagi pengalaman ketika aku benar-benar ditabrak sama pengendara
motor cowok yang jelas-jelas lagi ngeboncengin ceweknya. Entah siapa yang
salah, aku jalan di sisi kanan, ngelewatin barisan mobil-mobil penunggu lampu
lalu lintas, terus tiba-tiba motornya muncul dari celah mobil sebelah kiri dan
bam! Body motor sampingku dicium sama roda depannya. Beruntung kaki kananku
lagi kuat menopang body motor dan diriku sendiri, jadi kita ga jatuh. Pengen
rasanya ngomong “gimana sih!” atau “yang bener dong!” tapi apa daya diriku yang
pengecut ini langsung tancap gas melanjutkan perjalanan. Huft. Pernah juga
beberapa kali rasanya geregetan sama pengendara motor (rata-rata ibu-ibu) yang
kalau belok ga nyalain lampu sen atau nyalain lampu sennya berkebalikan arah.
Kan gemez. Yah, jadi begitulah sekiranya pengalaman saya di jalanan.
Setelah melakukan riset di jalanan,
di mana semua datanya saya temukan secara spontan dan tidak disengaja, saya
dapat menyimpulkan beberapa kasus mengenai penggunaan klakson:
- Suara klakson itu keras, apalagi yang dimodif, tambah bikin spot jantung.
- Datangnya selalu dadakan, memang klakson diciptakan buat ngasih tahu kendaraan lain supaya jaga-jaga karena kita mau lewat atau karena mereka halangin jalan. Mungkin juga karena si pengendara kaget, jadinya refleks mencet klakson.
- Banyak banget pengendara yang ga bijaksana pakai klaksonnya, antara mau menang sendiri di jalanan atau karena lagi buru-buru makanya kendaraan lain disuruh minggir.
- Bunyi klakson yang sengaja dipanjangin, buat ngasih tanda kalau dia lagi emosi (caper banget) atau balik lagi, karena lagi buru-buru.
- Lagi pamer klakson baru (yang biasanya hasil modif), bisa didengerin pas masa-masa kampanye politik.
- Sengaja ngebunyiin klakson biar orang di rumah keluar atau sebagai simbol buat ngasih tahu orang rumah supaya cepet siap-siapnya.
- Klakson buat main-main, biasanya karena di sekitarnya itu isinya temen-temennya semua, jadinya sok bercandaan gitu.
- Waktu lampu lalu lintas udah hijau biasanya pada klaksonin depannya biar cepet jalan. Seakan ngasih tahu kalau dirinya pandai dan lulus ujian SIM karena lampu hijau menandakan untuk jalan. Iya kalau dapet SIMnya lewat ujian, kalau nembak?
Mungkin masih ada beberapa lagi,
tapi belum kepikiran atau mungkin belum menemukan kasus baru tentang penggunaan
klakson, tapi kira-kira inilah realita yang kita hadapi sehari-hari. Kalau
bicara soal solusi, mungkin aku bisa kasih beberapa saran buat kedelapan
masalah di atas:
- Ga usah modif-modifan klakson. Iya tahu kalau lo kelebihan duit tapi ya ga usah alay gitu. Ntar kesannya kaya klakson bis pariwisata yang suaranya unyu tetetoet~
- Kalau bisa ga usah bunyiin klakson pas udah deket banget, siapa tahu orang yang diklaksonin punya riwayat penyakit jantung, kan jadi masalah ntar.
- Jalanan itu milik umum, tapi yang ngurus pemerintah, jadi ga ada yang ngaku-ngaku itu jalan punya siapa, apalagi sok ngaku kalau itu punya nenek moyang lo. Jalan ya yang sewajarnya, kalau emang lagi keburu ya dikira-kira sendiri kecepatannya, yang penting jangan sampai melanggar aturan, apalagi ngerugiin pengendara lain. Semua orang juga punya waktu mereka masing-masing, ga cuma kamu yang diburu waktu, jadi jangan egois. Ingat, jalanan bukan punya nenek moyang lo.
- Ga usah sok manjangin kalau punyamu pendek (loh), bunyi klakson maksudnya. Kalau lagi emosi ya pukul aja kemudinya, atau tarik nafas dalam-dalam (jangan lupa dibuangnya lewat atas), ga usah cari perhatian lewat manjangin bunyi klakson. Iya emang bener ntar bakal diperhatiin orang-orang, tapi hati-hati aja bro kalau tiba-tiba mereka ngasih jari tengah atau membuka koleksi binatang mereka.
- Balik lagi ke poin pertama, ga usah modif-modif klakson. Alay. Iya emang, ntar bakal dibayarin sama tim suksesnya, tapi setelah kampanye selesai, mau lo apain klaksonnya? Yang ada ntar malah diuber ibu-ibu kompleks gara-gara bikin ribut di depan rumahnya.
- Ini nih, buat yang sering ngelakuin hal ini bahkan udah jadi kebiasaan. Sebaiknya dihentikan deh, dari pada bikin gondok. Terutama buat para lelaki pemburu asmara, kalau udah di depan rumah gebetan atau pacar, ya doi di chat atau di telpon aja suruh keluar. Kan ntar kalau diklakson doi kesannya kaya pembantu rumah tangga, “mbak bukain gerbangnya!”.
- Jujur aku sendiri pernah ngelakuin hal ini dan waktu itu jam setengah sebelas malam, jadinya jalanan sepi. Kita pada naik motor beriringan gitu, jejeran, depan-belakang. Seru sih seru, soalnya habis itu ketawa-ketawa, tapi menurutku ada salahnya juga, soalnya bakal ngeganggu pengguna jalan lain. Misalnya mereka bakal berpikiran “ini geng motor ya? Apa begal?” atau “dih, ni anak-anak malam lagi pada kelayapan ya?” bahkan “alay banget sih mereka, berasa lagi naik odong-odong kali ya?”
- Semua pengguna jalan juga tahu kalau lampu hijau itu tandanya jalan. Tapi mbok ya sabar dikit napa? Biasanya mobil-mobil tuh yang suka ada jeda se-persekian detik baru mulai jalan. Ya maklumi aja lah ya, kan harus pada pindahin kopling atau otw ngegas. Sebuah awalan itu selalu membutuhkan proses, emangnya situ yang di awal langsung ngegas? (malah bahas apa)
Dah, gitu. Harapan saya sih, semoga
tidak dimanfaatkan dan diterapkan, karena semuanya ini saya kembalikan ke hati
nurani anda masing-masing (*nb: kalau pada punya, sih #keras).
Best regards,
B.
Comments
Post a Comment